Asal Usul Nama selat Gilbraltar



Selat Gibraltar adalah selat yang memisahkan Samudra Atlantik dengan Laut Tengah.
Quote:Pada sisi utara adalah Spanyol dan Gibraltar, pada sisi selatan adalah Maroko dan Ceuta (sebuah eksklave Spanyol di Afrika Utara). Ada beberapa pulau kecil dalam selat ini yang diperebutkan, seperti Pulau Perejil, yang diklaim oleh Spanyol dan Maroko.
Quote:Selat Gibraltar memiliki lokasi yang sangat strategis. Kapal-kapal yang berjalan dari Atlantik ke Mediterania dan kebalikannya harus melewat selat ini terlihat oleh Karang Gibraltar. Juga, sangat banyak orang yang berjalan dari Eropa ke Afrika dan sebaliknya, melewati selat ini. Pada Perang Dunia II, Britania mengontrol selat ini dari markas mereka di sekitar. Kapal selam Jerman yang memasuki Laut Mediterania akan terjebak, karena mereka tidak bisa melewatinya mengapung dan arus bawah laut terlalu kuat untuk menyelam.
Letak Selat gibraltar

https://kerendanunik.files.wordpress.com/2012/02/gibraltar_map.jpg

Sejarah NAMA SELAT GIBRALTAR
Namanya berasal dari nama Arab "Jebel Tariq"yang berarti gunung Tariq. Dia menunjuk ke Jenderal Muslim Tariq bin Ziyad yang menaklukkan Spanyol pada 711.
Quote:Thariq bin Ziyad, dikenal dalam sejarah Spanyol sebagai legenda dengan sebutan Taric el Tuerto (Taric yang memiliki satu mata), adalah seorang jendral dari dinasti Umayyah yang memimpin penaklukan muslim atas wilayah Al-Andalus (Spanyol, Portugal, Andorra, Gibraltar dan sekitarnya) pada tahun 711 M.
Quote:Pada tanggal 29 April 711, pasukan tariq mendarat di Gibraltar (nama Gibraltar berasal dari bahasa Arab, Jabal Tariq yang artinya Gunung Thariq). Setelah pendaratan, ia memerintahkan untuk membakar semua kapal dan berbicara di depan anak buahnya untuk membangkitkan semangat mereka.
Pasukan Tariq menyerbu wilayah Andalusia dan di musim panas tahun 711 berhasil meraih kemenangan yang menentukan atas kerajaan Visigoth, di mana rajanya, Roderikus terbunuh pada tanggal 19 Juli 711 dalam pertempuran Guadalete. Setelah itu, Thariq menjadi gubernur wilayah Andalusia sebelum akhirnya dipanggil pulang ke Damaskus oleh Khalifah Walid I.
Menurut sejarah barat, kemenangan pasukan muslim dalam penaklukan Andalusia banyak dipengaruhi oleh semangat juang yang berhasil dikobarkan oleh Thariq dimana dia memerintahkan untuk membakar semua kapal sehingga tidak ada jalan untuk melarikan diri selain bertempur habis-habisan melawan musuh sampai meraih kemenangan atau mati sebagai syuhada.
Thariq bin Ziyad merupakan sosok pahlawan yang mampu membawa kejayaan Islam di masanya.

Jadi, Asal mula nama gibraltar ( Menurut sejarah barat ) berasal dari nama Jenderal dari dinasti umayyah yang berhasil menaklukkan negeri Hispania (Spanyol) yaitu Tariq Bin Ziyad
Dulu Pasukan tentara muslim tidak bisa menyeberangi lautan, karena pasukan tentara muslim hanya bisa melewati jalur darat saja. Pada saat sampai di semenanjung daerah maroko / Tepian selat gibraltar, pasukan tentara muslim akhirnya menumpukkan perahu-perahu mereka untuk menyeberangi selat tersebut. perahu-perahu yang menumpuk menyerupai bukit. perintah menyeberangi selat dengan menumpukkan perahu ini diperintah oleh Jenderal muslim dari dinasti umayyah, Jenderal Tareq bin Ziyad
          BUKTI SEJARAH

http://cdn.kaskus.com/images/2014/02/11/2109105_20140211062012.jpg

Lembaran Uang di Negara Gibraltar yang mengakui tentang Jenderal tariq bin ziyad

Kesimpulan:
Kata Gibraltar berasal dari Jabal al Tariq. Jabar berarti Bukit, dan Tareq adalah nama sang dalang dibalik penyeberangan pertama melewati selat gibraltar dan dengan menggunakan parahu-perahu yang ditumpukkan

Subscribe to receive free email updates:

1 Response to "Asal Usul Nama selat Gilbraltar"

Orang yang Baik Selalu Meninggalkan Komentar walau Kritikan